Translate

Rabu, 04 Juni 2014

Sejarah Perusahaan raksasa kosmetic jepang : Shiseido

Arinobu Fukuhara, mantan kepala apoteker Angkatan Laut Kekaisaran Jepang, mendirikan Farmasi Shiseido pada tahun 1872. Nama “Shiseido” dapat diterjemahkan sebagai “pujian kebaikan bumi yang memelihara kehidupan baru dan menumbuhkan nilai-nilai penting”
Pada awal mulanya, shiseido adalah perusahaan yang bergerak di bidang pharmacy, yang nantinya di ubah oleh penerus arinobu fukuhara, shinzo fukuhara menjadi perusahaan kosmetik yang kita kenal sampai sekarang.
Shiseido merupakan perusahaan kosmetik tertua di dunia dan terbesar  ke-4 di dunia yang baru saja merayakan ulangtahunnya yang ke 140.

Shinzo Fukuhara
Shinzo Fukuhara adalah anak ke-3 dari pendiri shiseido,Arinobu Fukuhara dan menjadi penerus dari perusahaannya. Dia menjadi president shiseido yang pertama setelah perusahaannya go public pada tahun 1927 .Shinzo lahir pada tahun 1883 di distrik ginza tokyo. Pada masa mudanya, shinzo sangat tertarik pada dunia seni terutama pada seni melukis khas jepang dengan air, melukis minyak dan photography, akan tetapi dikarenakan penyakit dan kematian kakak tertuanya, dia mewarisi bisnis keluarga dan melanjutkan kuliahnya di universitas Chiba untuk belajar pharmacology.

Setelah lulus dari universitas Chiba, shinzo mengikuti keinginan dari ayahnya untuk melanjutkan studynya ke amerika serikat, dan masuk ke jurusan pharmacology di universitas Columbia pada tahun 1908 pada saat itu dia berusia 25 tahun. Setelah lulus dari universitas Columbia, dia bekerja di toko obat di pinggiran kota new York dan pabrik cosmetic selama 2 tahun. Shinzo menerima pujian atas kerja kerasnya menemukan formula-formula baru untuk kosmetik. Inilah yang nantinya menjadi cikal bakal perkembangan product kosmetik shiseido. Shinzo kembali ke jepang pada tahun 1915, dan dia melanjutkan perusahaan ayahnya dan membuat perubahan besar-besaran pada perusahaan yang tadinya memproduksi obat-obatan menjadi perusahaan kosmetik. Shinzo mempercayakan tanggung jawab management perusahaan kepada temannya pada saat berada di newyork, Noboru Matsumoto, sedangkan dia sendiri mengambil tanggung jawab dalam pengembangan produk dan advertising. Pada tahun 1916, dia mengumpulkan Desainer yang terbaik dan mendirikan Departemen desain, dan berusaha keras untuk membuat sebuah identitas perusahan yang “high-quality cosmetic”. Shinzo membuka Shiseido Gallery pada tahun 1919 dan juga melanjutkan “hobbi” dia sebagai seorang photographer, mendirikan Shanshin Geijitsu-sha(photography art company) pada tahun 1921.

Shinzo Fukuhara sangat memanfaatkan segala kemampuan yang ada dalam dirinya terutama dalam bidang artistic, dan itulah yang membuat brand shiseido sangat elegen dan artistic sampai sekarang.

Shinzo Fukuhara Quote "Let the product speak for itself" and "Richness in all.
Title: Sejarah Perusahaan raksasa kosmetic jepang : Shiseido ; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar